Selasa, 13 Agustus 2013

Madrid, Bale dan 4 Rekor Pemain Termahal Dunia


Empat pemecahan rekor pemain termahal terakhir selalu melibatkan Real Madrid sebagai pembelinya. Gareth Bale bisa melanjutkan tradisi wah El Real tersebut setelah dia ditawar dengan harga Rp 1,3 triliun.
Belum tuntas saga terkait upaya Madrid mendapatkan Bale. Media Spanyol menyebut kalau Los Merengues sudah menawarkan dana sebesar 82 juta poundsterling pada Spurs untuk mau melepas pemain asal Wales itu.
Jumlah tersebut memang tidak akan sepenuhnya berbentuk uang cash karena melibatkan kepindahan Angel Di Maria dan Fabio Coentrao sebagai bagian dari transaksi tersebut. Namun nilai 82 juta poundsterling akan menjadi rekor pembelian terbaru, mengalahkan catatan sebelumnya yang dibuat Madrid saat memboyong Cristiano Ronaldo dari Manchester United yang senilai 80 juta poundsterling.


Beda di Spanyol, beda pula di Inggris. Bos besar The Lillywhites, Daniel Levy, malah disebut ingin dana lebih besar lagi. Jumlahnya sangat luar biasa yakni 143,5 juta euro. Dalam kurs rupiah, itu sama dengan Rp 1,95 triliun. 


Berikut empat rekor pembelian pemain termahal terakhir, yang seluruhnya melibatkan Real Madrid.


     Luis Figo (37 Juta poundsterling)

Kalau ada transfer pemecah rekor yang sekaligus memunculkan kontroversi besar, maka Luis Figo adalah penyebabnya. Di tahun 2000 dia menyeberang dari Barcelona ke Real Madrid dengan banderol 37 juta poundsterling atau sekitar Rp 581,3 miliar.


Tak perlu diceritakan lagi soal tingginya tensi El Barca dan Los Merengues, yang membuat transfer Figo tersebut menjadi salah satu yang paling panas yang pernah terjadi. Banyak fans Barcelona yang sebelumnya menggilai Figo berbalik menjadi menghujatnya.


Figo memperkuat Barcelona sejak tahun 1995 dan memenangi dua gelar La Liga, dua gelar Copa del Rey, serta masing-masing satu trofi Piala Super Spanyol, Piala Winners dan Piala Super UEFA. 


Figo kemudian juga menghabiskan lima musim di Real Madrid. Di Santiago Bernabeu dia dapat beberapa trofi bergengsi seperti La Liga Primera (2000-01 dan 2002-03), Piala Super Spanyol (2001 & 2003), Liga Champions (2002), Piala Super Eropa (2002) dan Piala Interkontinental (2002).


Zinedine Zidane (53 juta poundsterling)

Status Luis Figo sebagai pemain termahal dunia hanya bertahan satu musim karena setahun kemudian (2001) Real Madrid kembali mematahkannya saat memboyong Zinedine Zidane dari Juventus. Sepetrti halnya Figo, Zizou merupakan bagian dari ambisi besar Madrid membangun era Galacticos.

Usai mengantar Prancis menjadi juara Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000, Zizou dianggap sebagai pesepakbola terbaik di kolong langit. Selain meraihBallon d'Or pada 2008 dia dikukuhkan sebagai pesepakbola terbaik oleh FIFA tahun  1998, 2000, dan 2003.

Zidane didatangkan ke Santiago Bernabeu dengan banderol 53 juta poundsterling (Rp 832,6 miliar) plus kontrak berdurasi empat tahun. Legenda sepakbola Prancis itu kemudian terbukti mampu berkontribusi besar pada timnya dengan total meraih enam trofi selama lima tahun di sana.

Salah satu aksi Zidane yang paling dikenang adalah tendangan voli ke gawang Bayer Leverkusen, yang memberi Madrid kemenangan 2-1 di final Liga Champions tahun 2002.




Kaka (56 juta poundsterling)

Setelah rekor pemain temahal dunia atas nama Zinedine Zidane bertahan cukup lama, di tahun 2009 catatan tersebut akhirnya terpatahkan. Lagi-lagi Real Madrid yang jadi pelakunya saat menyediakan tebusan senilai 56 juta pound sterling untuk memboyong Kaka dari AC Milan.

Merupakan salah satu gelandang serang terbaik di pertengahan tahun 2000-an, Kaka sudah memberi bukti dengan mempersembahkan trofi Liga Champions untuk Rossoneri. Dalam kurun enam musim berseragam Merah-Hitam, total ada lima gelar dia persembahkan.

Malang buat Madrid, Kaka tidak tampil sebagus saat dia masih bermukin di San Siro. Cedera parah pada lututnya dan seringkali kambuh menjadi penghambat terbesar pesepakbola asal Brasil itu.  Kaka tak pernah benar-benar bersinar di Madrid, dari musim ke musim dia selalu digosipkan akan pergi, meski hingga kini dia masih terdaftar sebagai salah satu penggawa El Real.



Cristiano Ronaldo (80 juta poundsterling)

Hanya 18 hari setelah mengeluarkan uang 56 juta poundsterling untuk membeli Kaka, Madrid kembali membuat kehebohan. Mereka kali ini merogoh uang 80 juta poundsterling (Rp 1,2 triliun) dan menyerahkannya pada Manchester United sebagai biaya transfer Cristiano Ronaldo. CR7 pun menjadi pemain paling mahal di dunia.

Madrid menyodori kontrak berdurasi enam musim pada bintang asal Portugal itu. Uang besar dan gaji tinggi yang dikeluarkan Madrid terbayar tuntas karena Ronaldo tampil luar biasa di berbagai pertandingan yang dijalani El Real.

Terlepas dari kegagalan mematahkan dominasi Barcelona pada ajang Liga Spanyol di musim 2009/2010 dan 2011/2012, Ronaldo selalu jadi mesin gol andalam Madrid.  Sebanyak 33 gol dibuat Ronaldo pada musim debutnya, angkanya bertambah jadi 53 semusim berselang (2010/2011) dan meningkat menjadi 60 gol di 2011/2012. Sementara musim lalu dia menghasilkan 55 gol dari 55 pertandingan di semua kompetisi.

Masing-masing satu gelar Liga Spanyol, Copa del Rey dan Piala Super Spanyol sudah diraih Ronaldo bersama El Real. Kontribusinya yang masih ditunggu adalah mengantar timnya kembali menjuarai Liga Champions.

Sumber : www.detik.com




Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar